Rabu, 24 September 2014

Pelajaran Sang Kiyai

Saat saya bekerja tadi ,tiba-tiba saya teringat akan pelajaran dari Kiyai di saat beliau memberikan ceramah agama.Ketika itu beliau menceritakan sebuah kisah yang biasa saja menurut pandangan saya waktu itu,mungkin karna saya belum memahami arti tersirat dari kisah itu.
Inilah pelajaran kiyai tersebut , beliau menceritakan ada 3 orang murid yang di perintahkan gurunya tuk menyembelih ayam dengan syarat jangan terlihat siapapun di saat menyembelih ayam tersebut.
Di jalankanlah perintah guru tersebut oleh ketiga muridnya , yang pertama menyembelih ayam tersebut di dalam hutan yang sepi yang tidak ada seorangpun , yang kedua menyembelih ayam tersebut jauh dari perkampungan yang tidak ada seorangpun, murid yang ketiga ternyata tidak menyembelih ayam tersebut.
Tibalah saat laporan ketiga murid tersebut kepada sang guru , kedua muridnya yang telah menyembelih ayam tersebut merasa gembira karna telah menjalankan perintah gurunya dengan baik ,dan murid ketiga mengembalikan ayam tersebut masih dalam keadaan hidup ,murid itu berkata saya sudah mencoba tuk menyembelihnya tetapi teringat pesan gurunya jangan terlihat siapapun di saat menyembelih ayam itu, dia memahami bahwa Allah subhanahu wa ta'ala selalu melihatnya kapanpun dandi manapun makanya dia tak dapat memenuhi syarat sang guru tuk menyembelih ayam tersebut tanpa terlihat siapapun.
Inilah pelajaran dari kiyai yang selalu saya pegang teguh , semoga Allah subhanahu wa ta'ala selalu memberikan rahmat kepada beliau, aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dengan bijak ,bebagi ilmu pengetahuan dengan sesama